Wudhu dan Kesehatan

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Sholat dan Kesehatan, sebagaimana dalam muktamar ke-7, Organisasi Al-'Ijaz Al-Ilmi, sebuah lembaga yang mengkhususkan diri meneliti rahasia dan keajaiban ilmu pengetahuan yang ada dalam kandungan Al-Qur'an dan Hadist, di Dubai Qatar, yang salah satunya tentang Wudhu dan Kesehatan.

Begitu air dingin membasuh anggota wudhu, maka secara otomatis pembuluh darah bereaksi untuk bekerja lebih cepat dan gesit mengalirkan darah ke seluruh tubuh sebagai reaksi alami menormalisasi suhu tubuh, akibat bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan guyuran air wudhu. Saat itu juga darah mengalir ke daerah seputar wajah, kedua tangan dan tapak kaki dengan sangat lancar.

Ketika aliran darah mengalir ke seluruh tubuh, termasuk pada bagian kulit, maka kelenjar peluh langsung bekerja menyedot darah-darah kotor dan membuangnya keluar tubuh melalui bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar kulit. Begitu darah kotor itu keluar, walau tidak kasat mata, maka langsung disapu oleh air wudhu. Inilah mungkin rahasianya mengapa kita disunnahkan membasuh tiga kali pada setiap anggota wudhu. Dampaknya kulit sekitar wajah dan lainnya nampak cantik dan putih berseri sehingga penuaan dini bisa dihindarkan.

Biasanya, proses penyaringan dan pembuangan darah-darah kotor dilakukan oleh ginjal, kemudian dibuang bersamaan dengan air seni. Namun ketika seseorang melakukan wudhu, darah-darah kotor itu tertarik dan terkonsentrasi pada sekitar anggota-anggota wudhu yang sudah dibasuh dan kemudian disapu bersih oleh air wudhu berikutnya, basuhan kedua dan ketiga. Artinya, berwudhu ternyata mengurangi sedikit beban berat kerja ginjal dan dampaknya bisa meminimalisir kemungkinan terkena resiko sakit ginjal.

Salah satu tugas jantung yang paling berat adalah memompa darah supaya mengalir menuju ke wajah, telapak tangan, dan kaki. Mengapa? Karena posisi ketiga anggota tubuh tersebut jauh dari posisi jantung -yang berada di rongga dada-. Begitu tersentuh air wudhu yang dingin, maka jantung langsung bereaksi dan kemudian memompa darah dengan kuat menuju tiga anggota badan yang berjauhan itu. Dengan demikian wudhu tak hanya semata kewajiban agama, tetapi juga membantu meringankan beban berat kerja jantung. Akhirnya resiko terkena serangan jantung pun relatif bisa terhindarkan.

Wudhu dengan air dingin juga membantu merangsang dan mengefektifkan sistem kerja syaraf. Rangsangan tadi, akan berdampak positif pada kinerja syaraf pusat yang berada di otak. Tak heran makanya kalau setelah wudhu kita selalu merasakan suasana segar, yang tak dirasakan sebelum wudhu. Dengan demikian, manfaat lain dari wudhu adalah sanggup mengurangi ketegangan jiwa, stress, mengurangi rasa sedih, rasa khawatir dan marah. Manfaat inilah mengapa rasulullah SAW selalu menganjurkan kita untuk segera berwudhu ketika kita sedang emosi, terutama lagi pada hakim yang sedang dalam proses mengadili sebuah perkara.

Mungkin diantara sobat ada yang menambahkan? Ditunggu masukannya...

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial
  • Facebook
  • Google
  • Twitter
  • Digg
  • Delicious
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

  • Informasi : Maaf sobat, pada beberapa artikel Tips Blog, terdapat instruksi Tata Letak. Instruksi tersebut saat ini berubah menjadi Rancangan. Hal ini karena adanya perubahan langsung dari blogger. Terimakasih atas pemaklumannya.

    Berikut Yang Berhubungan Dengan Artikel Diatas :



    Alhamdulillah telah ada 1854 komentar dari sobat :

    1. jam tangan said...

      nice info..
      salam kenal..
      :D

    2. Aingindra said...

      alhamdulillah bisa balik lagi keblog keren ini ya mas...eh salah...mbak maksudnya..... ^_^

    3. pakde sulas said...

      jika Alloh memerintahkan sesuatu kepada umatnya, tentu semua itu mempunyai tujuan, dan ujung-ujungnya tentu untuk kebaikan manusia itu sendiri

    4. Tekim Tutorial said...

      salam sahur
      bener memang, apa yang dipetintahkan Alloh pasti ada manfaatnya bagi manusia, begitu juga wudhu dan kesehatan

    5. Tekim Tutorial said...

      salam sahur
      bener memang, apa yang dipetintahkan Alloh pasti ada manfaatnya bagi manusia, begitu juga wudhu dan kesehatan

    6. grosir tas wanita said...

      makasih banyak y kawan dah shre Info dan pengetahuan nya...
      good luck

    7. percetakan semarang said...

      disamping kesehatan untuk badan, juga menjadikan jiwa lebih tenang

    8. babies said...

      Very interesting ideas! I’ll be back for your new articles!

    9. mjumani said...

      Wudhu memang keliatan simple namun dari hal sepele ini banyak dokter non muslim memutuskan masuk islam karena tau betul ajaran islam adalah ajaran yang penuh kebaikan...

      salam persaudaraan,
      Blogger Banua

    10. International News And Magazine said...

      Wow, this is the great post, with this information I have new learn for this information. Thank you very much and good luck for you blog. :)

    11. xamthone plus said...

      nie post,,,,

    12. Creative Education Corner said...

      ternyata islam itu indah ya......

    13. joe sandie said...

      nice posting...:)

    14. sprei said...

      wow nice steady interesting and useful info, really nice blog
      sprei anak
      sprei murah
      bed cover murah

    15. Meningkatakan Penjualan dengan Specific keyword said...

      Subhanallah, Jika ajaran Allah dilaksanakan dengan sebaik2nya tidak ada yang sia2. Bahkan kewajiban yang selama ini kita malas mengerjakannya sgt bermanfaat buat kesehatan.

    16. JELLY GAMAT said...

      artikel yang sangat bermanfaat...
      terus gan bikin artikel yang selalu bermanfaat..

    17. blog cara said...

      waw artikel yang sangat bermafaat, ini akan membuat umat islam lebih rajin untuk shalat, :)

    18. Education Update said...

      ternyata banyak khasiatnya dalam wudhu tuh..

    19. obat diabetes said...

      sangat luar biasa juga air wudhu :d

    20. xamthone plus said...

      ok juga ya buat kesehatan :D

    21. sprei said...

      thanks for your blog articles and useful info, success is always hope, greeting bloggers.
      sprei bed cover
      sprei murah
      sprei online
      jual sprei
      grosir sprei
      sprei anak

    22. music improvisation said...

      pasangan kesehatan..

    23. Cara Mengobati Diabetes Melitus Secara Tradisional said...

      SubhanaAllah....tidak sia-sia saya sholat,,karena semuanya untuk kesehatan,,,
      terima kasih buat infonya gan,,

    24. chute said...

      Bisa menjadikan kita tenang jga,,...
      Makasih bnyak sharenya...

    25. Obat herbal untuk penyakit gondok said...

      info yang menarik gan
      maju teruz dan sukses selalu!!!!

    26. xamthone plus said...

      info yang sanat bermanfaat, sebagai seorang muslim artikel artikel anda sangat membantu saya dalam mendalami ilmu agam, terimaksih atas artikelnya :D

    27. obat asam urat alami said...

      sangat luar biasa juga ya gan.....

    28. obat untuk penyakit stroke said...

      harus rajin wudhu nih...hehe

    29. pengobatan alami batu ginjal said...

      ternyata sehat ya :D

    30. pengobatan alami darah tinggi said...

      mksih gan untuk info yang berguna ini

    31. obat herbal getah bening said...

      terima kasih banyak gan infonya. salam kenal aja.

    32. obat herbal infeksi kemih said...

      subhanalloh saya baru tau kalau wudhu itu ternyata ada manfaat buat kesehatan juga.
      terima kasih banyak gan sebelumnya.

    33. jus manggis said...

      wah bener bener artikel yang sangat bagus sobat. aku tunggu nih artikel selanjutnya.

    34. obat herbal gondok said...

      artikel ini menunjukan betapa indahnya ajaran islam itu. wasallamualaikum...

    35. obat herbal migren said...

      artikel yang bisa memberi penyegaran hati para pembacanya. sukses selalu sob.

    36. obat herbal insomnia said...

      mantap gan artikelnya...salam sejahtera.

    37. pengobatan herbal diabetes melitus said...

      mksih untuk info nya... sangat menarik dan bermanfat

    38. cara mengobati maag kronis said...

      mantaaap juga ya kesehatan nya.....


      smoga kita sehat selalu

    39. Obat Alami Asam Urat said...

      ya mantap abanget infonya
      memang wudu bisa mempenhgaruhi kepada kesehatan kita yaaa

    40. pengobatan alami luka bakar said...

      sehat dalam kesehatan.......
      jadi pengen sehat sholat selalu...
      karena dengan sholat pasti akan wudhu....

    41. Obat Herbal Hiv Aids said...

      ya selalu ada hikmah dibalik apa yg disuruh oleh Allah SWt...thanks gan
      lihat postingannya kok belum ada yg terbaru gan,,hehehe,,

    42. Obat Alami Liver said...

      terimakasih info nya sangat bagus sekali.
      setiap perintah alla itu sangat mengandung arti yang ter sendiri,
      begitu juga dengan wudhu dan kesehatan.

    43. renovasi rumah said...

      maaf ane mw tanya, soal wudhu di kepala itu...air harus kena seluruh kepala atau bagian mana aja siy/// ane biasanya seluruh kepala jadinya kaya abis mandi...dampaknya rambut jd bau basahin kepala 5x....ane blom ngerti// mw nanya orang lain malu

    44. obat darah tinggi alami said...

      jika kita rajin sholat.... pasti nya juga berwudhu... hehehe :D

    45. cara mengobati asam urat said...

      memang sudah terbukti klw wudhu itu bagus untuk kesehatan.........
      saya juga sudah merasakan nya........

    46. pengobatan herbal kanker payudara said...

      percaya lah dengan wudhu atau rajin sholat pasti kesehatan akan dirasakn.....

    47. jual karpet said...

      mamang setelah melaksanan=kan wudhlu hati menjadi tenang alhamdulillah good posting

    48. baju batik murah said...

      yup wudlu itu menyehatkan. ane pernah liat penjelasan ttg wudlu di tv, cuman ane lupa kapan dan tv apa. tapi memang dijelaskan wudlu itu memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kesehatan, jika dilakukan dengan benar.

      salam kenal.

    49. obat herbal gagal ginjal said...

      dengan berwudhu,kesehatan bisa terjaga,selain itu wudhu juga dipercaya bisa membuat wajah bercahaya dan cantik

    50. xamthone plus said...

      thanks info n share nya ..
      salam kenal ..
      semoga bermanfaat post nya ..
      amin

    51. agen xamthone plus medan said...

      sip mas..
      thanks gan infonya n salam kenal ..
      salam sukses..

    52. cara pemesanan said...

      good postnya..
      thanks informasinya ..

    53. obat kanker hati said...

      mantap postnya ..
      sangat2 bermanfaat apalagi yang benar2 gag tau tentang ini..
      thanks infonya ..

    54. tutorial komputer said...

      wudhu secara sempurna akan mempunyai hikmah yang luar biasa baik lahir maupun batin

    55. Obat herbal stroke said...

      allhamdulillah nambah ilmu lagi....
      terimakasih...

    56. presentasi flash said...

      useful info ne :)

    57. obat herbal batu ginjal said...

      ya bener selain untuk kebersian wudhu itu adalah sudah kewajiban kita sebagai umat allah untuk sholat ,

    58. Obat Alami Demam Berdarah said...

      itu adalah syarat sah nya solat ,,
      jika kita tidak berwudhu atau tiadak tayamum jika tidaka ada air mka sholat kita tidak sah ,

    59. cara mengobati penyakit stroke said...

      ternyata di balik itu semua..... banyak kesehatan yang sangat luar biasa :d

    60. Obat Herbal Stoke said...

      yang di wajabkan bantyak manfaatnya

    61. Blog Keperawatan said...

      Kita juga seharusnya mengerti rukun serta syarat wudhu yang baik sobat...
      Terima kasih sharenya ini

    62. gambar motor sport said...

      wah baru tau ane dari widhu bisa juga menjaga kesehatan...trims gan infinya...bermanfaat banget

    63. obat alami asam urat-agussupriatna said...

      info yang sangat menarik. thanks.

    64. angger-tatawarna said...

      orang yang sering berwudhu pasti terlihat lebih cerah daripada yang nggak.

    65. Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan said...

      nice post
      sangat bermanfaat
      salam kenal ya..
      terima kasih :)

    66. Abed Saragih said...

      Terima kasih telah berbagi Informasi yang bermanfaat.
      Sukses selalu.

    67. cara mengobati stroke said...

      smoga bisa menjadi motivasi untuk terus rajin sholat

    68. obat wasir said...

      sangat brmanfaat juga ya

    69. Gasa Obat Kuat Perkasa said...

      wudhu itu membuat wajah kita tambah ganteng bro.

    70. obat jantung koroner said...

      air wudhu itu membut kita menjadi lebih segar dalam melakukan kegitan. thanks gan buat artikel nya menarik

    71. tas cantik murah said...

      orang yang sering berwudhu pasti terlihat lebih cerah daripada yang nggak. Subahanallah Allah tidak membuat sulit orang yg mau beribadah kepadaNYA

    72. obat herbal kolesterol said...

      wudhu adalah salah satu syarat sah nya shalat , dengan berwudhu kita menjadi bersih, cerah . banyak juga mafaat yang lain terutama pada kebersihan dan kesehatan

    73. obat herbal demam berdarah said...

      wudhu bisa membuat kita bersih sehat tentunya dan wudh juga bisa menenangkan pikiran kita

    74. obat herbal darah tinggi said...

      kebersihan sebagian dari iman tentunya kita harus hidup bersih , salah satu nya dengan berwudhu .. wudhu bisa membersihkan dan menjaga kesehatan tentunya
      terimakasih telah berbagi tips nya

    75. obat herbal diabetes said...

      jadi itu yach manfaat kita dari wudlu...

    76. Obat Herbal Alami kanker prostat said...

      sangat bemanfaat banget gan

    77. obat tradisional diabetes melitus said...

      memang sangat berguna dengan air wudhu nih hehe

    78. obat tradisional diabetes melitus said...

      memang sangat berguna juga ya khusus nya bagi kesehatan..

    79. obat kanker payudara said...

      ya berguna baget gan...
      makasih

    80. Obat Kanker Serviks Tradisional said...

      di tunggu artikel sejenisnya yah gan !!

    81. Obat Tradisional Diare said...

      makasih gan untuk ilmunya !!!

    82. jamu kuat pria perkasa said...

      wudhu juga sangat menbatu menjaaga kecantikan wantia

    83. Foredi Obat Tahan Lama said...

      perlu di coba nih kayanya..nanti saya coba dan apakah sya berubah menjadi ganteng. :D

    84. Nexian Android said...

      Artikelnya menarik gan, thanks atas infonya...

      ditunggu kunjungan baliknya Nexian Android

    85. cara mengobati penyakit asam urat said...

      artikel yang bermanfa'at sekali nie gan, mari kita wudhu dan sholat,. mantap gan thanks.

    86. Wanita Hamil said...

      iyah, saya juga pernah denger kata ahli kesehatan gitu mengenai kaitannya wudhu dan kesehatan..
      mantap mas artikelnya..

    87. tutorial blog said...

      wah infonya bagus gan, baru tahu ternyata wudhu juga dapat menghambat penuaan.

    88. Mainan Anak said...

      Islam is the way of Life... Islam adalah rahmat bagi sekalian alam..

    89. Obat Herbal Luka Operasi said...

      Setuju gan, memang jika dilakukan dengan benar wudhu itu banyak manfaatnya. Yang penting jangan asal wudhunya, jangan lupa juga baca do'a sebelum, ketika, dan setelah berwudhu.
      Terima kasih atas informasinya.

    90. senam aerobik said...

      terima kasih atas infonya...
      menarik...
      salam kenal...

    91. cara pemesanan jus manggis said...

      artikel yang menarik dan bermanfaat , terimakasih

    92. Training Ahli K3 Umum said...

      subhanallah ternyata dibalik wudhu tsb ada hikmah dan manfaatnya serta menurut saya jarang yang mengulas tentang manfaat wudhu ini, thx jazakallah khair

    93. weetow said...

      luar biasa ternyata manfaat wudhu ya... masyaallah...

    94. herbal trica jus said...

      wudhu banyak manfaat nya ya.....

    95. Pengobatan Maag Alami said...

      salam bloger
      terimakasih dengan adanya artikel berikut ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat

    96. Agen Xamthone plus Bandar Lampung said...

      anugerah bgt,,

    97. obat herbal gondok said...

      yes
      benar banget tuh
      wudlu memang banyak manfaatnya :)

    98. Promo member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia said...

      Bgaimanapun menjaga kebersihan pasti ada manfaatnya...itu tidak tebantahkan.... Nice article

    99. gua punya said...

      mantap

    100. Bagus Journey said...

      makasih sob, nice blog

    101. jasa seo murah said...

      bermanfaat bagi kita,.
      terimakasih gan.. .

    102. Obat Herbal Darah Tinggi said...

      Subhanalla... Islam itu begitu indah.

    103. JASA PENERJEMAH BAHASA INGGRIS said...

      hmmm tak coba coba aja yah..

    104. agen xamthone plus batam said...

      permisi...
      artikelnya bagus,,menarik untuk dibaca, mudah dipahami...
      ditunggu artukel selanjutnya ya...
      hehe :)

    105. Cara Diet Yang Baik said...

      Subhanalloh ternyata 3 kali basuhan dalam berwudlu ada manfaatnya secara medis..nice info makasih

    106. Obat Penyembuh Asam Urat Herbal said...

      semoga dengan ini kita lebih bisa mendekatkan diri kehadiratnya..amin

    107. khasiat manggis said...

      Allohuakbar ..

    108. Cinta Pertama said...

      Masya Allah, luar biasa

    109. Lia said...

      Perintah Allah pasti selalu ada manfaatnya buat kita.

    110. khasiat daun sirsak said...

      saluuttt dechh m blog nie..
      postingan artikelnya sangat bermanfaat sekali..
      thkss
      waitt for kunjungan baliknya???hehe

    111. tita said...

      terima kasih informasinya....

    112. kontraktor bangunan said...

      bagus artikelnya ya...mudah2an setelah membaca ini jadi pada rajin sholat yaaa...:)

    113. Obat tradisional HIV AIDS said...

      sangat2 bermanfaat apalagi yang benar2 gag tau tentang ini..
      thanks infonya ..

    114. agen xamthone lampung said...

      mnakasih infonya gan,,

    115. Cara Mengatasi Penyakit Koordinasi Otot Dengan Cara Alami said...

      Subhanallah...................

    116. Cara Herbal Mengobati Penyakit Jantung Koroner said...

      Apapun yg di perintahkn Alloh itu psti ada mnfaatnya untk kita.....

    117. Herbal Ace Maxs Solusi Tepat Mengatasi Kanker Prostat said...

      mnfaat wudhu sudah terbukti scra medis,,subhanalloh

    118. obat herbal glaukoma said...

      artikel yang bermanfaat...... thanks

    119. obat kista said...

      wahh., selain menghilangkan hadas kecil., ada efek buat kesehatannya juga ternyata...

      baru tau.. hehehe

    120. obat stroke tradisional said...

      mantap nih, jika terus rajin ibadah, maka akan semakin menyehatkan badan....

    121. obat herbal kanker payudara said...

      kadang saat musim dingin saya malas bnget unuk menyentuh air, gmna ya ?

    122. xamthone plus said...

      nice info gan , salam kena;

    123. obat kista said...

      ternyata di balik itu semua..... banyak kesehatan yang sangat luar biasa

    124. obat jerawat said...

      salam kenal smw

    125. Agen XAMthone Plus Jakarta pusat said...

      apa yang Engkau perintahkan semuanya gak ada yang sia-sia.

    126. mengobati darah tinggi said...

      salam kenal sob

    127. agro, buah said...

      orang yang suka berwudhu aura mukanya cwrah. memancarkan cahaya

    128. obat asam urat said...

      mnakasih infonya gan,,

    129. obat diabetes said...

      ternyata di balik itu semua..... banyak kesehatan yang sangat luar biasa

    130. obat keputihan said...

      makasih infonya gan

    131. obat darah tinggi said...

      salam kenal gan

    132. cara mengatasi ejakulasi dini said...

      harus rajin wudhu nih...hehe

    133. obat asma said...

      wahh., selain menghilangkan hadas kecil., ada efek buat kesehatannya juga ternyata...

      baru tau.. hehehe

      Read more: http://hputih.blogspot.com/2011/07/wudhu-dan-kesehatan.html#ixzz1yzrxJy00

    134. obat kanker prostat said...

      salam sehat

    135. kode rahasia handphone said...

      artikel yang mantap, saya suka sekali dengan artikel yang berbau islam...terima kasih. Apa boleh suatu saat nanti saya publish artikel ini di blog saya yang bertema islam, tentunya saya akan memberi backlink gratis sebagai autornya. Dan sedikit edit artikel sedikit....Nice artikelnya....

    136. Tutorial SEO dan Blog said...

      Pada dasarnya menjaga kebersihan memang itu baik

    137. info terbaru komputer said...

      Thanks buat artikel bermanfaatnya gan

    138. obat herbal jantung koroner said...

      makasih untuk infonya .

    139. obat asam urat said...

      shalat itu bagus
      nice info

    140. obat darah tinggi said...

      wudlu pake air ya?

    141. obat jerawat said...

      hayoo pada wudlu

    142. obat diabetes said...

      hayoo pada wudlu

    143. obat keputihan said...

      Salam kenal gan sukses selalu

    144. jelly gamat luxor said...

      salam sehat

    145. Obat Herbal Alergi said...

      selain menghilangkan hadats kecil ternyata wudhu juga banyak manffatnya ya...
      makasih gan infonya nice banget !

    146. budi said...

      nice share sob,
      sangat mencerahkan!
      thanks ya!

    147. obat herbal stroke ringan said...

      segala sesuatu yang di ciptakan oleh Alloh pasti ada hikmah dan manfaat yang besar !
      nice info gan !

    148. mukena dubai said...

      ternyata banyak sekali hubungan kesehatannya ya,
      terimakasih infonnya sudah mau berrbagi, di tunggu kunjungan baliknya gan

    149. skripsi informatika said...

      thanks for share.. its good article

    150. Pengobatan Tradisional Hepatitis B said...

      Subhanalloh.. ternyata tidak hanya mendapat pahala, tapi kita juga bisa mendapatkan kesehatan dari berwudhu. Alloh memang maha baik :)

    151. ikat pinggang kulit asli original said...

      disamping kesehatan untuk badan, juga menjadikan jiwa lebih tenang

    152. obat jerawat alami said...

      kesehatan itu penting

    153. obat alami asam urat said...

      sehat itu mahal

    154. obat alami diabetes said...

      jaga kesehatan

    155. obat keputihan alami said...

      indahnya hidup jika hidup sehat

    156. obat alami darah tinggi said...

      trims infonya

    157. obat herbal ejakulasi dini said...

      sangat membantu

    158. obat asma alami said...

      sakit itu ga enk

    159. obat sakit maag said...

      lebih baik mencegah daripada terlanjur sakit, biaya berobatnya mahal

    160. obat sakit kepala alami said...

      good blog

    161. obat alami kolesterol said...

      sangat menginspirasi

    162. obat tradisional wasir said...

      good luck bro

    163. obat herbal sakit pinggang said...

      semangat

    164. obat alami kanker payudara said...

      sehat dl br bs wudhu, klo ga sehat gmn mau wudhu

    165. obat alami stroke said...

      terima kasih infonya

    166. obat herbal amandel said...

      semua agama itu indah

    167. obat herbal vertigo said...

      indahnya hidup sehat

    168. obat alami jantung said...

      salam sejahtera

    169. obat gagal ginjal said...

      sukses selalu

    170. obat tradisional hiv aids said...

      salam sejahtera

    171. fath said...

      wudhu sama dengan membersihkan diri pula

    172. obat tradisional radang tenggorokan said...

      subhanallah..

    173. buku sekolah elektronik sma said...

      jika anda seorang muslim dan wajah anda berjerawat maka sering solatlah karena dengan berwudhu akan mengurangi kandungan minyak yang ada di muka kita

    174. tour and travel said...

      stiap wudhu.. pkiran jd adem g2.. :D

    175. Paling Cerdas said...

      unik dan menarik banget artikelnya gan,

    176. tour and travel disurabaya said...

      artikel yang sangat bermanfaat.. :) terima kasih..

    177. Paket Tour Wisata Istanbul Turki said...

      subhanallah Allah memang sangat sayang kepada kita semua :)

    178. VPS Murah said...

      mensucikan diri berarti membersihkan pori2 kulit, jadinya kulit dapat bernapas dengan baik dan badan menjadi segar

    179. pengobatan alternatif batu ginjal said...

      wah,, ternyata manfaat wudu buat kesehatan banyak juga ya,,,

    180. penyembuhan alternatif stroke said...

      selain menjalankan kewajiban kita,sholat ternyata sangat baik untuk kesehatan,,makasi ya infonya

    181. Tekim Zone said...

      kesehatan memerlukan kebersihan, dan wudhu salah satu cara membersihkan diri yang sangat sempurna

    182. obat herbal penyakit asma said...

      makasih ya sobat udah kasih tau infonya
      sukses

    183. obatb herbal penyakit asam urat said...

      bila kita melakukan sesuatu hendaknya berwudu dlu

    184. john said...

      waah..rajin2 wudhu neh

    185. agen jelly gamat luxor jakarta pusat said...

      Ternyata kalau kita tahu manfaat dari wudhu memang dahsyat sekali.

    186. OBAT HERBAL TUMOR LAMBUNG said...

      Banyak sekali dampak positifnya.

    187. agen ace maxs Jakarta said...

      makasih gan infonya ..

    188. tour and travel di surabaya said...

      rasanya setelah berwudhu itu badan jadi bugar lagi.

    189. karakter pendidikan said...

      iya, banyak pakar peneliti baik dalam dan luar negeri menyimpulkan bahwa wudhu dan gerakannya memberikan efek kesehatan tubuh yg optimal.

    190. obat osteoporosis tradisional said...

      bener2 mantap

    191. obat tbc alami said...

      wudhu membuat wajah kita cerah..

    192. Informasi Berita Bola Terbaru di sambil-santai.com said...

      thnx info

    193. pusat baju murah said...

      Iya betul Kebersihan adalah sebagian dari Iman, nice share

    194. Obat tradisional diabetes melitus said...

      Inilah salah satu yang membedakan islam dengan agama2 lainnya selalu ada manfaat tersembunyi di setiap perintah-Nya!!!
      Subhannalloh

    195. Obat herbal demam berdarah said...

      inilah salah satu bukti bahwa alloh itu maha pengasih dan penyayang!!!
      Barrokalloh

    196. Obat Kanker Payudara Tradisional said...

      thanks infonya

    197. Cara Menjadi Member XAMthone Plus said...

      thanks infonya

    198. Cara Menyembuhkan Kista said...

      mantap

    199. Obat Melancarkan Peredaran Darah said...

      mantap

    200. Obat Tbc Alami said...

      mantap



    Bagaimana Menurut Sobat Mengenai Artikel : "Wudhu dan Kesehatan" Di Atas?

    Merupakan anugerah tak terkira kepada sobat yang telah memberikan ulasan terhadap tulisan Hitam Putih Kehidupan disini.

    Blog ini menggunakan sistem DOFOLLOW sebagai apresiasi terhadap kunjungan sobat. MOHON MAAF, komentar yang bersentuhan dengan PORNOGRAFI, SARA, SPAM, dan IKLAN, akan kami DELETE...

    Dimohon juga jangan meletakkan link di halaman komentar, karena otomatis akan kami DELETE..