Hubungan Sholat Terhadap Kesehatan

Beberapa saat yang lalu telah disampaikan tentang Faedah Sholat dan Kesehatan yang merupakan salah satu dari hasil muktamar ke-7, Organisasi Al-'Ijaz Al-Ilmi. Selain dari bahasan tentang wudhu dan kesehatan sebagai bagian syarat sah nya sholat.

Nah, sekarang mari kita bahas bersama-sama hubungan sholat terhadap kesehatan secara lebih rinci. Jika kita perhatikan dan renungkan gerakan-gerakan olah raga yang direkomendasikan para pakar kesehatan, hampir tercakup gerakan sholat. Makanya seperti halnya olah raga, gerakan sholat juga akan membantu mempeeringan kinerja jantung, memperlancar asupan oksigen ke dalam tubuh dan membuat otak menjadi segar.

Sholat juga membantu kinerja jantung. Ia selalu bekerja tanpa henti mengatur sirkulasi darah dan mengalirkannya kepada semua organ tubuh. Hal yang dirasa paling berat dari kinerja jantung adalah bagaimana memompa dan mengalirkan darah menuju organ tubuh yang posisinya lebih atas dari jantung. Misalnya otak, mata, hidung, lisan dan sebagainya.

Karena posisi jantung sendiri ada di rongga dada. Artinya dengan fungsi harus mengalirkan darah kepada daerah yang lebih tinggi, jantung harus bekerja keras melawan gravitasi bumi. Dengan melakukan sujud ketika sholat, maka sadar atau tidak sadar, kerja jantung akan terbantu dalam tugasnya mengalirkan darah pada sekitar organ-organ yang posisinya lebih tinggi. Karena hanya bersujud otomatis organ-organ yang tadinya diatas jantung, menjadi lebih rendah. Itulah mengapa anjuran Islam untuk "agak memperlama" sujud dengan melakukan doa, selain bernilai ibadah juga menyehatkan tubuh karena membantu meringankan kerja jantung.

Saat bersujud juga, pompaan aliran darah persis seperti mobil yang ada pada posisi jalanan menurun, cepat dan lancar. Dengan demikian aliran darah makin cepat mengalir dan berkumpul di pembuluh darah atau aorta. Ketika bangkit dari sujud, maka darah yang tadinya berkonsentrasi di aorta akan mengaliri pembuluh-pembuluh darah di sekujur tubuh. Jantung pun akhirnya merasa terbantu.

Posisi sujud juga membantu kinerja paru-paru untuk melakukan asupan oksigen pada tubuh dan membuang karbondioksida. Juga membantu sirkulasi darah dari jantung ke paru-paru dan sebaliknya. Pada saat sujud, beban kerja jantung agak berkurang. Artinya jantung bisa sedikit beristirahat dan efeknya hal ini tentu akan mengurangi resiko terkena serangan jantung mendadak.

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial
  • Facebook
  • Google
  • Twitter
  • Digg
  • Delicious
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

  • Informasi : Maaf sobat, pada beberapa artikel Tips Blog, terdapat instruksi Tata Letak. Instruksi tersebut saat ini berubah menjadi Rancangan. Hal ini karena adanya perubahan langsung dari blogger. Terimakasih atas pemaklumannya.

    Berikut Yang Berhubungan Dengan Artikel Diatas :



    Alhamdulillah telah ada 2025 komentar dari sobat :

    1. Kawasan industri ModernCikande said...

      subhanallah. memang, Allah menciptakan sesuatu pasti selalu ada manfaatnya :D
      memang terbukti kok, dengan sholat itu sama aja seperti berolahraga ringan. bisa dihitung kalau sholat wajib 5x sehari, maka tubuh kita telah melakukan olahraga kecil selama 5 kali juga. belum lagi kalau ditambah dengan sholat shunnah. subhanallah, tentu akan memperlancar asupan oksigen ke organ2 penting tubuh kita...

    2. Jiwaku said...

      subhanallah.. luar biasa banget ya.. disamping dapet pahala.. ada manfaat lain didalam shalat.. subhanallah..

    3. info lomba said...

      Subhanallah. Segala yang di perintahkan oleh ALLAH pasti ada hikmahnya.

    4. pembalut anion said...

      memang dahsyat manfaat sholat itu, dan kita sebagai umat islam harus bangga menjadi seorang muslim ..

    5. Kerja di Rumah Dibayar dollar - Ga py paypal - Dikirimin kartu debit mastercard said...

      makasih infonya bro...gw sering ke blog km ...sangat menginspirasi

    6. Penyejuk Hati said...

      Memang sungguh luar biasa gerakan shalat itu, Untuk itu mari kita tingkatkan shalat kita secara berjamaah di masjid..

    7. rofi @Mobil keluarga terbaik di Indonesia said...

      Dengan sangat mudah duntuk disimpulkan, semakin rajin Sholat disamping dapat memenuhi kewajibannya sebagai Muslim tetapi juga semakin bagus persendiannya.
      Dengan Sholat 5 waktu itulah persendian kita setidaknya semakin sering dilenturkan.
      Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah Fisioterapi, yang membedakan adalah: dalam sholat ada kelebihan lain yaitu (Insya Alloh) stetap sehat Jiwanya.

    8. Fashion Mall said...

      owh, ternyata ada kaitannya yah...
      dari sisi kesehatan ternyata juga sangat bagus yah...

    9. Food Rules Center said...

      sangat indah yah, ternyata ibadah wajib tersebut mempunyai efek bagus terhadap kesehatan...

    10. ar said...

      artikelnya bagus sob, keep posting trus...

    11. huderi said...

      wih ,.. info yang baik ,..makasih nih,..
      saya akan lebih rajin deh sholatnya ,.. Do'a in yah,.

    12. ANA ARISANTI said...

      Semua yang diperintahkan Alloh pastilah membawa manfaat kebaikan

    13. Abu Farras said...

      Subhanallah..begitu besar manfaat shalat dalam kehidupan kita.Mungkin itu manfaat yang bisa kita cerna.Masih banyak rahasia-rahasia Allah dalam setiap kewajiban yang dibebankan kepada kita.Karena semua manfaatnya pasti akan kembali kepada diri kita.Karena yang hakekatnya membutuhkan adalah diri kita terhadap Allah

    14. isomwebs said...

      iya ya.. ga kefikiran tu pe kesitu,,,, maksih mas infonya... jd semangat ne sholat_Nya.

    15. lowongan kerja said...

      wah, ternyata hubungannya cukup erat yah..
      :)

    16. KALAGONDANG said...

      minalaidin walfaidhin mohon maaf lahir & batin

    17. presentations skills tips said...

      Tambah pengetahuan lagi hari ini, trim

    18. NURA said...

      ass
      subhanallah ternyata sujud saat shalat membantu kinerja paru-paru.
      walau telat minal aidhin walfaidzin mba

    19. emploi ingénieur électronique said...

      Shalat dibuat oleh sang pencipta, sudah selayaknya berguna bagi kesehatan. Sayangnya tidak banyak manusia menyadari hal ini

    20. isomwebs said...

      ternyata sholat buuuuuanyak sekali ya manfaatnya....
      waaaah.... jadi tau ne. makasih mas postinganya...
      salam kenal,,,

    21. YOGYAKARTA said...

      wah bagus banget isi blog ini

    22. YOGYAKARTA said...

      wow this really good blog content

    23. Lukisan Aliran Naturalisme said...

      Tambah ilmu lagi hari ini. Terima kasih

    24. Tekim ZOne said...

      SHolat memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Masih banyak misteri yg belum terkuak terkait manfaat sholat

      siip sobat..artikelnya sungguh menggugah

    25. asray said...

      BUTIK BUSANA MUSLIMAH INDONESIA MODERN
      BUTIK BUSANA MUSLIMAH

    26. bang huda said...

      bang.. blognya pean berat nih.
      emang sih sholat tu ada banyak hikmah dibaliknya termasuk yang udah ditulis. tp klo menurut aku, lbih baik lagi dianggp ta'abbudi murni aja. jadi gak usah mikir2. shalat ya shalat

    27. Kata Mutiara Islam said...

      Ilmu yang bermanfaat, trim

    28. bajumuslimbagus said...

      ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

    29. butik busana muslimah said...

      Sholat itu harus punya Daging dan Ruh, jadi jangan Daging saja yang Sholat.

      Salam kenal

    30. Tuntunan Shalat Sunnah said...

      Artikel yang bermanfaat, trim

    31. Five Stars Travel Update said...

      memang betul, selain dapat pahala jg dapat menjaga kesehatan. mantap lah....

    32. Kumpulan Tausiyah Singkat said...

      Artikel yang bermanfaat, trim

    33. makeityourring diamond engagement rings said...

      shalat adalah kesehatan karena dengan shalat kita akan sehat

    34. joe sandie said...

      nice posting...:)

    35. nopha kartika said...

      sudah terbukti sholat itu memberikan efek bagus buat kesehatan..melalui gerakannya
      dengan wudhu wajah kita menjadi bercahaya.
      nice artikel!

    36. weather station said...

      mantap gan artikelnya

    37. Aliyah said...

      Beruntungnya bagi orang yang shalat, sudah berpahala kesehatannya terjaga lagi.

    38. company profile said...

      Sungguh Allah Maha Besar
      ALLAHU AKBAR...!!!

    39. overstimulation said...

      kunjungan pertama gan :D

    40. agen jelly gamat bandung said...

      terimakasih atas informasinya gan...!

    41. xamthon said...

      subhanalloh...
      info yang sangat bermanfaat...

    42. pengobatan alternati jantung said...

      artikel yang bagus dan bermanfaat...

    43. obat alternatif said...

      ternyata sangat penting bagi jasmani dan rohani kita...

    44. lowongan kerja said...

      selain mndapatkan pahala kita juga mendapat manfaat yang lebih besar yaitu sehat

    45. reachschools.org said...

      Allah tidak semata-mata menyuruh umatnya untuk melakukan sesuatu ataupun melarang. Semua pasti ada maksudnya. karena itu laksanakanlah semua perintahnya dan jauhilah larangannya.

    46. obat tradisional gagal ginjal said...

      subhanallah memang sangat luar biasa, dibalik gerakan sholat ternyata ada sesuatu hal yang sangat, menyehatkan... makasih gan atas infonya,salam kenal dan sukses selalu

    47. jual jam tangan said...

      nice share..
      salam kenal ya...

      :D

    48. Disabilitas dan Pandangan Masyarakat said...

      Mantap ilmunya. .

    49. bestinfo etf said...

      Shalat adalah tiang agama yang harus selalu ditegakkan!
      hal-hal positif yang diakibatkan olehnya anggaplah bonus dari Allah swt

    50. obat diabetes said...

      sngatt luar biasa

    51. xamthone plus said...

      baru tau nih hehe

    52. steve @save money ideas said...

      it is good

    53. toko baju muslim said...

      good information ... I have read and will be added to my personal knowledge... thanks

    54. Berita Hyundai said...

      Manstaapppp GAn,. Subhanallah,. Itu BErmanfaaat Sekali,.

    55. Obat tradisional insomnia said...

      subhanalloh..
      artikel yang bagus :)
      salam kenal yaa :)

    56. music improvisation said...

      siapa yg rajin sholat, bkal kebal thd penyakit..

    57. chute said...

      Subhanallah....
      Luar biasa sekali,..
      Saya bangga sekali menjadi seorang seorang MUSLIM...

    58. toko busana muslim layali said...

      sangat bermanfaat apa lagi sholat memberikan ketenangan..

    59. Obat Herbal Untuk Gagal Ginjal said...

      makasi bnyak gan info nya di tunggu update berikutnya
      izin nitip link yaa!!!!!

    60. Iklan Baris said...

      Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
      Silahkan mampir2 juga ke Web saya: Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar.

      Salam,

    61. Obat herbal untuk kanker prostat said...

      info yang bagus gan!!!
      di tunggu update selanjutnya..
      maju terus dan sukses selalu

    62. Vimax said...

      Very informative and interesting post.

    63. Obat herbal untuk kanker payudara said...

      info yang bagus gan.
      maju terus sukses selalu
      tinggalin jejak link di postingan aku juga ya...

    64. Mooviez World said...

      hubungan sholat dengan kesehatan sudah lama diteliti dan memang terbukti bahwa gerakan2 sholat baik untuk kesehatan..

      dengan sholat yang walaupun hanya sebentar, tapi sudah bisa membuat tubuh kita sehat..
      Subhanallah..

      nice share gan..

    65. Outbound said...

      Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
      Silahkan mampir2 juga ke Web saya.

      Salam Outbound !

    66. Obat herbal untuk radang paru-paru said...

      info yang bagus
      slam knal sob

    67. obat asam urat alami said...

      sangat luar biasa :D

    68. pengobatan alami darah tinggi said...

      kita harus rajin sholat :D

    69. obat untuk penyakit stroke said...

      mksih gan untuk info nya...
      sangat ok banget...

    70. pengobatan alami batu ginjal said...

      mksih ya untuk info nya..
      sangat berguna banget

    71. pengobatan herbal diabetes melitus said...

      mari kita rajin sholat :D

    72. Pengobatan Hepatitis b said...

      makasih banyak nih atas infonya sob semoga bermanfaat yah, sukses selalu ya sob

    73. Lowongan Kerja said...

      nice post...

    74. Obat Alami Asam Urat said...

      potingan yang bagus gan
      di tunggu pstingan yang baru dan lebih bagus lagi

    75. Obat Herbal Asam Urat said...

      postingan yang bagus .
      sangat bermanfaat .
      ditunggu postingan berikutnya .
      sukses trus :-)

    76. Dhidhit said...

      segera mari menunaikan sholat

    77. Obat Herbal Untuk Penyakit Tipes said...

      info yang bagus mas bro
      salam kenal ya

    78. LintasKoran said...

      nice share

      Thanks

    79. Obat Alami Liver said...

      betul sekali sholat itu bisa membuat kita sehat, dan membawa kita ke jalan allah,
      sebab kenapa di setiap gerakan nya mengandung makna kesehatan.
      mangkan nya dirikan lah sholat lima waktu .

    80. Obat Herbal Untuk Sakit Pinggang said...

      info yang mantap gan.
      lanjutkan

    81. Obat Herbal Untuk Diare said...

      wah mantap gan infonya
      salam kenal ya

    82. Obat Tradisional Penyakit Asma said...

      Apapun yg allah perintahkan kepada umat manusia, semua itu untuk kepentingan dan kesehatan kita semua!!
      allah maha penyayang kepada seluruh umatnya..

    83. arie said...

      yang pengetahuan yang sangat berguna untuk para muslim

      thanks ya!

    84. obat darah tinggi alami said...

      banyak juga ya manfaat dari sholat

    85. Obat Herbal Untuk Leukimia said...

      info yang bagus gan
      thanks for all information

    86. herbal sehat said...

      Subhanallah. itulah salah satu kebesaran Allah SWT

    87. blogger trik said...

      memang yang dianjurkan oleh allah adalah kebaikan untuk diri kita juga

    88. Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat said...

      Sholat adalah segalanya bagi ummat yang mengaku agama islam, orang yang tidak sholat berarti bukan orang islam.....

    89. jual karpet said...

      masya allah ternyata banyak yah manfaatnya :D

    90. Obat Herbal Untuk Hepatitis B said...

      izin kopas gan buat tugas skripsi sekolah

    91. pengobatan alternatif jantung said...

      memang betul kesehatan dengan solat sangat kesehatan kita, karena setiap gerak gerik sewaktu kita solat itu merupakan terapi juga untuk kesehatan..

    92. xamthone plus said...

      artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih atas artioklenya

    93. Obat tradisional penyakit darah tinggi said...

      hebt gan artikelnya,terimakasih infonya.
      ternyata solat dapat menyehatkan ya gan.

    94. bangun rumah said...

      sudah jelas kan..ISLAM itu paket komplit dunia akhirat..tidak ada yg sia-sia di Islam

    95. obat herbal penyakit ginjal said...

      subhanalloh info yang sangat bagus kawan. semoga infonya bisa bermanfaat buat para pembacanya.

    96. obat herbal diabetes said...

      semoga selain infonya bermanfaat buat banyak orang juga bisa merupakan nilai ibadah di mata alloh swt.

    97. obat herbal stroke said...

      terima kasih banyak sob sudah berbagi info. salam kenal dan sukskses selalu.

    98. obat herbal XAMthone plus said...

      subhanalloh ternyata sholat itu salain merupakan nilai taqwa kita kepada alloh swt ternyata sangat bermanfaat juga buat kesehatan manusia.

    99. obat herbal darah tinggi said...

      artikel yang sungguh sangat bagus untuk di bacanya. terima kasih sebelumnya.

    100. obat herbal kanker payudara said...

      info yang bisa memberi pencerahan buat banyak orang gan. salam kenal ya.

    101. obat herbal kanker prostat said...

      mari kita tingkatkan ibadah sholat kita kepada alloh agar hidup kita tentram dan sehat.

    102. jus manggis said...

      sungguh alloh maha tau menciptakan segala sesuatu pasti selalu ada manfaatnya. nice gan infonya.

    103. xamslimer/obat herbal alami pelangsing tubuh said...

      postingan yang sungguh sangat bagus sob. aku tunggu posting bermanfaat berikutnya.

    104. obat herbal stroke said...

      terkadang banyak orang yang lupa akan sholat itu padahal sholat adalah tiangnya dari agama dan sangat banyak manfaatnya buat manusia.

    105. obat herbal darah tinggi said...

      alangkah indahnya apabila setiap hari bisa membaca artikel yang sebagus artikel ini. thanks gan infonya.

    106. Fachry Prasetya said...

      Content yang bagus !!
      Ssalam Kenal

    107. obat herbal asam urat said...

      tidak ada yang sia sia yang ia perintahkan ..
      bukti keagungan tuhan...

    108. Obat Herbal Luka Bakar said...

      baru tahu saya tentang fingsi sujud yang mampu memompa aliran darah..

    109. Tempat Sampah Stainless said...

      PertamaX makasih inponya mas ndro....

    110. Dynabolt said...

      Woi tu orang ngaco yah masa PertamaX lo di trakhir boy

    111. Mesin Pertanian said...

      top dah inponya, ya klo solat nya bener pasti sehat segalanya

    112. pengobatan herbal kanker payudara said...

      ternyata sangat berguna ya :D

    113. Website Designer said...

      Wow,
      Very nice inform and use full tips. This post provide good think about this topic.

    114. PSD to HTML said...

      Great article you wrote very helpful and cooperative tips. I also read you other post and also M coming back soon for more useful and gorgeous post's.

    115. obat darah tinggi said...

      baru tau nih kalau terdapat kesehatan di dalam sholat

    116. Asuransi Prudential said...

      Subhanallah. Ternyata gerakan sholat memiliki fungsi yang sangat bagus untuk kesehatan. Nice post :)

    117. super lutein said...

      Ilmu solat sangat bagus dipraktekan buat sapa saja....

    118. Obat herbal kanker Kelenjar getah bening said...

      subhanallah,,semua yang diaperintahakan Alalh memang ada tujuannya untuk kebaikan kita,,

    119. sampeweweh said...

      memang banyak banget rahasia solat yang kta nggak tau

    120. kade said...

      mantapinfonya...

    121. Satria jagad said...

      sangat bagus artikel nya menambah iman dan ketaqwaan saya sebagai seorang muslim...Alhamdulillah...ma kasih shre ya!!!

    122. obat tradisional penyakit stroke said...

      sesungguhnya allah tidak pernah menyuruh pekerjaan atau kewajiban yang sia sia

      terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat ditunggu artike berikutnya gan

    123. cara mengobati asam urat said...

      baru tau nih kalau ada manfaat dari sholat :D

    124. xamthone said...

      thanx

    125. Obat Tradisional Kanker Payudara said...

      salah satu bukti kekuasannya...

    126. obat penyakit kista said...

      sesungguhnya tidak semata-mata alloh memerintahkan ibadah kepada hambanya kecuali terdapat hikmah yang sangat agung di dalamnya....

    127. obat penyakit kanker kelenjar getah bening said...

      nambah ilmu lagi, terimakasih gan....

    128. desain corporate identity said...

      thanks bgt infonya
      useful bgt :)

    129. obat sakit jantung said...

      thank's ya gan atas infonya

    130. ARMAN BLOG said...

      Hehe baru tahu saya shalat dalam islam itu mempunyai hubungan dengan kesehatan manusia...thank sob sharenya..

    131. obat sakit asam urat said...

      infonya sangat bermanfaat sekali ...thank's ya

    132. aufa said...

      Saya banyak mendapatkan artikel tentang pentingnya sholat bagi kesehatan, selain memang sudah menjadi kewajiban. Ternyata, wajar kalo sholat itu diwajibkan, karena Allah SWT menginginkan Kaum Muslim selalu sehat. Subhanallah

    133. Obat Alami Asam Urat said...

      wah ter nyata sholat juga bisa menimbul kan kesehatan gan.
      dirikan lah sholat selalu.

    134. obat herbal kanker payudara said...

      allah maha segala maha...di balik semuanya pasti ada kebaikan bagi umat yang ta'at pada perintah tuhanya...

    135. Obat herbal stroke said...

      setiap perintah allah swt pasti terdapat hikmah yang agung didalamnya, bagi mahba-hambanya yang berakal....

    136. andipandora said...

      jiwa kita sehat dan raga kita juga,wah ternyata banyak manfaat sholat

    137. Obat Alami Darah Tinggi said...

      ternyata hubungan sholat dan kesehatan banyak ya,,,
      makasih buat infonya

    138. obat herbal asma said...

      sholat itu memang sudah kewajiban bagi umat islam dan ternyata sholat berpengaruh terhadap kesehatan,,
      makasih buat infonya

    139. Karimunjawa Tour said...

      info ini bisa saya rekomendasikan kepada teman2 yang selalu mengabaikan sholat. bahwa sebenarnya ada manfaat yang tidak disadari dibalik sholat.

    140. Obat Kanker Paru-Paru said...

      makasih banyak info nya ,,,,

    141. indobeta said...

      thanks infonya...
      sukses sllu..amin
      itu...

    142. obat anti kanker said...

      islam itu indah. setiap aturan dan prakteknya pasti ada hikmah dan manfaat, thanks ya untuk infonya

    143. agen xamthone plus jakarta pusat said...

      subhanallah...
      ternyata islam mewajibkan shalat bukan hanya menyelamatkan kita di akhirat akan tetapi selamat di dunia juga....
      sangat bermanfaat sekali bgi ksehatan..
      makasih ya post'y
      salam knal aja

    144. Agen Xamthone plus Indihiang Kota Tasikmalaya said...

      Subhanallah...

    145. Obat Herbal Stoke said...

      siiip mantap infonya gan

    146. Blog Keperawatan said...

      Subhanallah....Begitu banyak manfaat dan faedah dari sholat..
      Saya yakin juga masih banyak hikmah yang belum terungkap oleh akal pikiran manusia

    147. Obat Tradisional Hiv Aids said...

      terimakasih buat infonya..! saya juga pernah baca hubungan sholat buat kesehatan,namun aneh jaman sekarang yang sholat makin berkurang???

    148. Obat Tradisional Penyakit Diabetes Melitus said...

      sholat itu wajib hukumnya bagi agama islam!!!disamping kita dapat pahala dan disisi lain kita dapat kesehatan... jadi ayo semuanya perbaharui sholat???

    149. Boat Transport said...

      This post is exactly what I am talking about lots of people getting together and writing about subjects they enjoy! Thank you and maybe when you get time you can check out.

    150. kelenjar getah bening pada anak said...

      subhanalloh sangat luar biasa ,,,,

    151. Obat herbal kanker payudara said...

      makasih bayak info nya gan,,,,

    152. parodi kita said...

      lebih dari itu sholat juga diharapkan mampu menyehatkan qolbu

      salam
      sukses selalu

    153. obat hepatitis c alami said...

      sip mantap infonya thx, sungguh manfaat rahasia luar biasa yg tersimpan dari solat

    154. software akuntansi said...

      memang betul, selain dapat pahala jg dapat menjaga kesehatan. mantap..

    155. Kompetisi Web Kompas MuDa dan Pertamina said...

      memang terdapat banyak keajaiban dalam ajaran islam.. dan itulah yang membuatku mantab dengan agama ini

    156. sigit hermawan said...

      mansatab infonya,.. bisa jadi tambah dekat dengan Illahi Robbi...

    157. Lirik Lagu said...

      betul sekali, selain dapat pahala jg dapat menjaga kesehatan..thx

    158. Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan said...

      lakukan perintahNYA dan jauhi laranganNYA :)
      nice post mas..
      salam kenal yaa..

    159. mahwira said...

      makash infonya bro, menarik dan bagus.

    160. Abed Saragih said...

      artikel yang sangat bagus untuk di baca..
      terimakasih atas infonya..

    161. CollegerRadio said...

      Shalat memang indah sobat... :)

    162. ayamSAKIT said...

      wahh...saya makin tambah yakin kalo islam itu selalu mengajarkan tentang kebaikan, dan semua aktivitas yang kita lakukan pasti ada hikmahnya...

    163. Wisata_UmrAh said...

      subhanallah, luarbiasa ternyata shalat kita penangkal dari segala penyakit dalam

    164. cara mengobati kelenjar getah bening said...

      smoga dengan rajin sholat smua di kasih kesehatan amin

    165. obat herbal kanker payudara said...

      amintttt...
      makasih

    166. arie5758 said...

      Memang ibadah yang diperintahkan baik oleh Allah maupun Rosululloh selalu ada faedah yg terkandung. Begitu juga sholat yang merupakan tiang agama :)

    167. obat herbal kanker hati paling ampuh said...

      shalat adalah kewajiban bagi kita seorang muslim ..
      sholat mengandung pahala yang besar selain pahala yang besar shalat juga bisa menyegarkan badan karena termasuk olahraga juga

    168. obat herbal kanker hati paling ampuh said...

      unik banget ini artikel nya hubungan shalat dengan kesehatan ,, shalat memang bisa menyehatkan karena tubuh kita jadi bergerak ..
      pahala dapet olahraga nya juga dapet .. olahraga maksud aku ya gerak gerak dalam shalat

    169. obat herbal sakit maag said...

      shalat banyak kaitan nya dengan kesehatan .. karena shalat ada gerakan gerakan seperti olahraga biasa nya ..
      pahala dapet, sehat nya juga dapet ..

    170. placenta domba said...

      Hello, I really enjoy reading your posts, thank you for the great post!

    171. Boby Aoliya said...

      iya kang, tiap gerakan shalat itu ada manfaatnya, seperti kaya yang akang jelaskan tadi :)

    172. obat herbal darah tinggi said...

      shalat lah sebelum kalian di shalatkan ,,

    173. cara mengobati penyakit hepatiutis b said...

      info yang religius banget, memang benar dengan sholat juga badan bisa sehat, selain itu dapat pahala dari tuhan.

    174. agen xamthone plus pontianak said...

      thanx infonya gan...

    175. Fattah said...

      saya sangat setuju, tidak perlu olah raga atau fitnes segala untuk mendapatkan kesehatan, tapi asal kita sungguh-sungguh dalam melakukan shalat, tentu kita akan mendapat manfaatnya.

    176. masita said...

      Sholat memang sudah terbukti mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan, mengapa Sebagian muslim masih enggan melaksanakannya?

    177. Foredi Obat Tahan Lama said...

      sangat sagat bermanfaat untuk kita semua..

    178. obat jantung koroner said...

      sholat aja udah beser manfaat nya buat kita, apa lagi kalou di tambah dengn amal" ibadah kita yang lain, pasti hidup kita akan tenang, insa alloh di jauh kan dari musibah. amin

    179. Obat tradisional penyakit darah tinggi said...

      solat sangat banyak manfaatnya, selain di cinta allah swt, kita juga bisa mendapatkn keselamatan dan kebahagiaan serta bisa membuat kita sehat,.
      semoga semunya sahabat'' aku menjalankan ibadah dengan baik.
      aminn,..

    180. obat tradisional darah tinggi said...

      thanx infonya gan...

    181. Jelly gamat said...

      makasih banyak info nya sangat bagus ,,,,,,
      subhanaloh kusa alahoh begitu besar,,,,,

    182. obat tradisional asam urat said...

      thanx infony gan...

    183. obat herbal kanker rahim said...

      subhanallah.....
      selain kita mendapatkan pahala kita juga mendapatkan kesehatan yang tiada tara....

    184. onesetia82 said...

      info yg keren gan ...
      salam kenal ... :)

    185. obat sakit asma said...

      memang segala sesuatunya mempunyai manfaat yang baik...

    186. Obat Herbal Alami kanker prostat said...

      ayo lah bagi umat islam jangan tinggalkan sholat 5 waktu

    187. obat herbal kanker xamthone plus said...

      nice info gan...

    188. fadli said...

      mantep , kebanyakan orang indonesia melihat solat hanya dari satu sisi padahal sebenaranya solat bukan hanya sekedar ibadah saja ada beberapa aspek dalam kesehatan selain memperlancar peredaran darah dan juga sebagai sarna meditasi .
      hanya itu yang saya tau sekian

    189. obat untuk penyakit kista said...

      smoga kita sehat dengan terus rajin sholat
      amin

    190. Obat Tradisional Gagal Ginjal said...

      terimakasih gan informasinya,. sangat menambah pengetahun saya.

    191. Obat Usus Buntu Tradisional said...

      di tungggu lagi gan postingannya yang sejenis !!

    192. obat tradisional darah tinggi said...

      thanx infonya gan...

    193. Obat herbal kanker darah said...

      nice info gan...terimakasih..

    194. Obat herbal kanker serviks said...

      semoga banyak orang mengetahui hikmah sholat ini ya gan...

    195. obat alami kanker prostat said...

      masih banyak sodara kita yang belum menyadari hal ini gan...

    196. Obat Tradisional Glaukoma said...

      terima kasih untuk ilmunya gan !!

    197. Indonesia Rainforest said...

      thanks pencerahannya. tambahan dikit, selain kesehatan, sholat jg melatih kita hidup disiplin.

    198. The Adventurer said...

      posting yg sangat bermanfaat, salam sahabat kawan.

    199. mini account index said...

      saat kita wudhu terus sholat pikiran menjadi tenang.., sekaligus menenangkan pikiran..

    200. Agen XAMthone Plus Tasikmalaya said...

      Memang benar sekali solat dengan kesehatan ada hubungannya.. maka dari itu janganlah kau tinggalkan sholat...



    Bagaimana Menurut Sobat Mengenai Artikel : "Hubungan Sholat Terhadap Kesehatan" Di Atas?

    Merupakan anugerah tak terkira kepada sobat yang telah memberikan ulasan terhadap tulisan Hitam Putih Kehidupan disini.

    Blog ini menggunakan sistem DOFOLLOW sebagai apresiasi terhadap kunjungan sobat. MOHON MAAF, komentar yang bersentuhan dengan PORNOGRAFI, SARA, SPAM, dan IKLAN, akan kami DELETE...

    Dimohon juga jangan meletakkan link di halaman komentar, karena otomatis akan kami DELETE..