Islam dan Hidup Hemat

Dalam Islam, bekerja merupakan kemuliaan. Berangkat pagi pulang petang dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga merupakan jihadnya seorang muslim. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah mencintai hambanya yang bekerja. Barang siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka ia laksana seseorang yang bertempur di medan perang membela agama Allah." (HR. Ahmad).

Selain meningkatkan produktivitas, Islam juga mengajarkan agar terbiasa dengan pola dan budaya hidup hemat. Hal ini ditegaskan dalam Al-Qur'an Surat Al Furqon ayat 67, "Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian."

Berpijak dari ayat diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa budaya hemat memiliki aplikasi yang sejajar dengan perintah Allah. Oleh karena itu setiap muslim hendaknya memahami pentingnya meningkatkan budaya hemat dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, hemat sebagai upaya menyimpan kelebihan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Rasulullah pernah berdiskusi dengan Jabir, "Mengapa engkau berlebih-lebihan?" Jabir menjawab, "Apakah didalam wudhu tidak boleh berlebih-lebihan?". Kemudian Rasulullah menjawab, "Ya, janganlah engkau berlebih-lebihan ketika wudhu meskipun engkau berada di sungai."

Kedua, hemat sebagai modal untuk kemaslahatan generasi setelah kita. Nasehat Rasulullah, "Sesungguhnya engkau meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya itu lebih baik dari pada engkau meninggalkan mereka dalam keadaan miskin. Mereka menerima kecukupan dari orang lain. Mungkin orang lain memberinya atau mungkin menolaknya. Sesungguhnya tidaklah engkau memberikan nafkah dengan ikhlas karena Allah kecuali engkau akan mendapat pahala dariNya." (HR. Muttafaq'alaih).

Ketiga, hemat sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah. Karena sikap hemat merupakan perintah Allah, maka jika terbiasa dengan pola hidup hemat, sebenarnya kita tengah melakukan pendekatan diri dan melaksanakan perintahNya.

Wallahualam bishawab.


Sumber : Buletin Insan Mulia

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial
  • Facebook
  • Google
  • Twitter
  • Digg
  • Delicious
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

  • Informasi : Maaf sobat, pada beberapa artikel Tips Blog, terdapat instruksi Tata Letak. Instruksi tersebut saat ini berubah menjadi Rancangan. Hal ini karena adanya perubahan langsung dari blogger. Terimakasih atas pemaklumannya.

    Berikut Yang Berhubungan Dengan Artikel Diatas :



    Alhamdulillah telah ada 40 komentar dari sobat :

    1. inge / cyber dreamer said...

      selalu berusaha untuk hidup hemat...
      walo kadang susah jg...
      tapi harus bisa ^^

      thx 4 share ^^

    2. Dee said...

      memang terkadang sulit untuk hidup hemat, apalagi kalau lagi pegang uang wah...rasanya buru2 ingin belanja.. tapi, alangkah baiknya kalau membiasakan diri utk berhemat (dipostingan sudah diterangkan tuch..he.he). salam kenal, TQ

    3. imtikhan said...

      met pagi sob
      berkunjung mencari info terbaru
      terima kasih.

    4. NURA said...

      salam sobat
      benar mba ,,kalau kita hemat selain melaksanakan perintah dan mendekatkan diri pada Allah SWT,
      kita bisa terbiasa hidup sederhana tidak bermewah-mewahan.

    5. rizan said...

      wah,mbak hana online lagi.lama nggak online ni mbak :)

    6. Hanna Pertiwi said...

      @inge/cyber dreamer : Iya ya mbak, terkadang susah juga,hehehe..tp harus bisa..
      @Dee : bener jg mas, belanja yang terkadang tdk bisa kita kendalikan, apalagi ibu-ibu kyk sy mas, salam kenal juga mas
      @imtikhan : trimakasih kunjungannya juga sob
      @NURA : yup, betul banget ya mbak, semoga kita semua bisa berusaha mendekatkan diri padaNya ya mbak
      @rizan : iya nih mas, kemarin lama gak online karena pulang kampung yg rada susah jaringannya, hehehe

    7. Miss Rinda said...

      mudah2an qt smw selalu bisa hidup hemat ya mba,bukan dalam arti pelit tapi lebih daripada digunakan u/ hal2 yg jauh lebih penting ~_~

      moga sehat terus ya mba hanna,,~_~

    8. odonk's said...

      wah terima kasih pencerahannya sista...
      nice bgt... :)
      weis ngmng² dah mulai posting lagi nih..

    9. aryanto aj said...

      mudah2an kita semua bisa berhemat....salam kenal

    10. Hanna Pertiwi said...

      @Miss Rinda : Amiin..semoga mbak, dan hemat bukan dalam artian sempit (pelit) hehehe, oya trims ya mbak doanya
      @odonk's : iya mas, udh mulai berusaha posting lagi meski postingannya kurang bermutu, hehe
      @aryanto aj : amiin..salam kenal juga mas

    11. septirani said...

      makasih atas artikelnya,,bermanfaat banget..aku malah baru tau kalo hemat pendekatan kepada ALLAH SWT..
      salam kenal..,
      makasih udah berkunjung

    12. Agen xamthone plus Bandar Lampung said...

      memang islam rahmatanlilalamin....
      subhanallah....

    13. Agen Xamthone plus batam said...

      dengan benar-benar memegang syariat islam...kita pasti akan dapat yang terbaik

    14. Agen Xamthone Plus Pontianak said...

      islam memang satu-satunya agama yang terbaik...mengatur semua sisi kehidupan kita

    15. agen xamthone plus Samarinda said...

      itulah istimewanya islam...

    16. Agen xamthone plus Bandar Lampung said...

      islam mencinta keseimbangan...
      hemat pangkal kaya...pangkal kebahagiaan

    17. Agen Xamthone plus batam said...

      bagus...segalanya memang sudah teratur dalam ilmu dan kuasanya...
      dan islam adalah syariatnya

    18. Agen Xamthone Plus Pontianak said...

      semua yang baik memang ada dalam islam...islam sempurna

    19. obat radang otak said...

      sungguh luar biasa sekali manfaat dari beragama islam.. ane beruntung sudah uslam dari sejak lahir juga.

    20. Puisi Pendidikan said...

      Artikel yang sangat bagus dan memotivasi.salam kunjungan

    21. cara mengobati ambeien said...

      islam mengajarkan kita untuk hidup hemat hehe nice post

    22. toko bunga purwokerto said...

      Hemat merupakan sifat terpuji

    23. Grosir sprei Murah said...

      artikel yang menarik

    24. hotbis, klik disini said...

      hidup hemat itu perlu.

    25. model baju muslim terbaru said...

      salam blogger selallu,,,

    26. model gamis batik said...

      trimakasih buanyak ya,,moga ada banyak manfaat,,

    27. baju batik wanita modern said...

      mudah2an kita semua bisa berhemat....salam kenal

    28. baju batik pria said...

      wah terima kasih pencerahannya sista...

    29. model baju terbaru 2014 said...

      semoga kita semua bisa berusaha mendekatkan diri padaNya

    30. model batik terbaru said...

      wah,mbak hana online lagi.lama nggak online ni mbak

    31. gambar batik modern said...

      kita bisa terbiasa hidup sederhana tidak bermewah-mewahan.

    32. model batik modern said...

      met pagi sob berkunjung mencari info terbaru terima kasih.

    33. cara mendaftar reseller said...

      selalu berusaha untuk hidup hemat...

    34. baju batik couple said...

      menyimak dan membaca blog nya sangat bermnfaat sekali makasih sukses selalu

    35. motif batik solo said...

      semoga bermanfaat bagi orang banyak

    36. baju batik solo terbaru said...

      smoga bermanfaat,,

    37. seragam batik kantor said...

      Segala yang di perintahkan oleh ALLAH besar faidahnya

    38. baju batik pekalongan said...

      Artikel yang bagus tertata rapi

    39. US News said...

      It's in point of fact a great and helpful piece of info. I am satisfied that you simply shared this useful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

    40. jasa aqiqah said...

      islam mengajarkan kita lebih baik, di dunia seperlunya dan selebihnya untuk akhirat. barakallah...



    Bagaimana Menurut Sobat Mengenai Artikel : "Islam dan Hidup Hemat" Di Atas?

    Merupakan anugerah tak terkira kepada sobat yang telah memberikan ulasan terhadap tulisan Hitam Putih Kehidupan disini.

    Blog ini menggunakan sistem DOFOLLOW sebagai apresiasi terhadap kunjungan sobat. MOHON MAAF, komentar yang bersentuhan dengan PORNOGRAFI, SARA, SPAM, dan IKLAN, akan kami DELETE...

    Dimohon juga jangan meletakkan link di halaman komentar, karena otomatis akan kami DELETE..