Sholat dan Kesehatan

Sholat dan kesehatan. Beberapa kalangan menyebutkan jika sholat ada kaitannya dengan kesehatan kita. Bahkan sampai saat ini kabarnya telah dilakukan uji ilmiah akan hubungan sholat dengan kesehatan. Tetapi apakah benar jika sholat ada hubungannya dengan kesehatan? Tulisan ini hanya sebagai pengantar diskusi kaitannya dengan sholat dan kesehatan tersebut.

Beberapa seminar di Timur Tengah yang pernah membahas kaitan antara sholat dan kesehatan berkesimpulan bahwa, ternyata rutinitas sholat yang baik tidak hanya bernilai ibadah dan rohani (menggugurkan kewajiban). Lebih dari itu, menenangkan jiwa dan menghilangkan stress, juga berdampak sangat positif bagi kesehatan.

Beberapa faedah sholat diantaranya :
  1. Sholat bisa mencegah serangan jantung
  2. Menghindarkan pendarahan otak
  3. Membantu kinerja paru-paru
  4. Memompa efektivitas sistem kerja ginjal
  5. Menguatkan otot-otot tubuh dan sendi
  6. Membantu relaksasi
  7. Meningkatkan kelenturan
  8. Memperlancar peredaran darah, sehingga fungsi organ tubuh berjalan baik

Ringkasnya, semua persiapan demi melaksanakan sholat, baik itu syarat sholat, mulai dari wudhu, juga gerakan-gerakan yang ada dalam sholat, baik yang bersifat wajib maupun yang sunnah, berdampak membantu meningkatkan kualitas kerja organ-organ tubuh tanpa terkecuali.

Kesimpulan ini, salah satunya mengemuka dalam muktamar ke-7, Organisasi Al-'Ijaz Al-Ilmi, sebuah lembaga yang mengkhususkan diri meneliti rahasia dan keajaiban ilmu pengetahuan yang ada dalam kandungan Al-Qur'an dan Hadist, di Dubai Qatar. Dalam muktamar itu, misalnya, menjelaskan Kenapa Islam mewajibkan wudhu? Kenapa Islam mewajibkan sholat? Apa dampaknya bagi kesehatan?

Itu dulu tulisan pengantar Sholat dan Kesehatan hari ini. Insya Allah akan bersambung lagi di bagian lebih dalam tentang Sholat dan Kesehatan.

Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial
  • Facebook
  • Google
  • Twitter
  • Digg
  • Delicious
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati

  • Informasi : Maaf sobat, pada beberapa artikel Tips Blog, terdapat instruksi Tata Letak. Instruksi tersebut saat ini berubah menjadi Rancangan. Hal ini karena adanya perubahan langsung dari blogger. Terimakasih atas pemaklumannya.

    Berikut Yang Berhubungan Dengan Artikel Diatas :



    Alhamdulillah telah ada 1541 komentar dari sobat :

    1. pakde sulas said...

      info yang menarik, karena pakde pernah mendengar penjelasan dari ustad abu sangkan lewat media teve juga demikian.

      tentu pakde tunggu posting berikutnya

    2. mr.ang said...

      alhamdulillah,, moga tulisan ini bermanfaat buat semuanya...

    3. kesehatan alami said...

      makasih atas info nya ,sangat menarik nie

    4. Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2011 - 1432 H said...

      maaf mas komentar saya keluar dari topik...cuma mau tanya ini template karya siapa ya..keren bener... ^_^

    5. grosir baju anak said...

      Nice Post....Sholat emang udah seharusnya wajib diKerjakan ..

    6. Hanna Pertiwi said...

      @ Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2011 - 1432 H :

      trimakasih kunjungannya sobat

      terkait template ini adalah modofikasi saya sendiri sob, dan saya "BUKAN MAS" loh sob...

    7. Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama Garudafood said...

      Memang Allah memberikan perintah kepada manusia tidak hanya sekedar perintah, tapi ada maknanya tentunya :)

    8. makeityourring diamond engagement rings said...

      shalat adalah pembentukan karakter dan dengan shalat kita juga akan sehat.

    9. Departemen Agrohort IPB said...

      infonya sangat menarik untuk di baca, dan bermangfaat untuk di ketahui. makasih ya.

    10. free samples and freebies said...

      Thanks for creating such a wonderful site. This is a very informative video! I'm going to come back more often to read more posts.

    11. Anonymous said...

      oke jug nie sangat menarik dan bagus nie info nya .......

    12. International News And Magazine said...

      Alhamdulillahh..semoga ini membantu

    13. akikah said...

      Sholat yang baik dan benar tentunya akan terasa manfaatnya di jiwa dan hati, sholat yang baik juga dapat lebih menentramkan roh dan sirr. jiwa yang kuat dan sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh tentunya. apa lagi bila di tambah dengan puasa sunah yang teratur..insyaalah sehat selalu...

    14. xamthone plus said...

      terimakasih dengan adanya artikel ini sata mendapatkan pelajaran yang sangat berharga

    15. music improvisation said...

      jagalah sholat, maka ia akan menjagamu..

    16. Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami said...

      Allah adil itu yang bisa di katakan,,segala apa yang di suruhnya adalah yang terebaik dan bermanfaat buat kita,,seperti sholat,,,terima kasih gan atas infonya

    17. chute said...

      Siiippp.......
      Makasih bnyak infoya....

    18. Ac Mobil said...

      Shalat dan Kesehatan yg BerKesinambungan,. ,. Trimakasih Gan,. ,.

    19. Emzeth said...

      tapi jangan niat solat karena sehat ya gan. hhe... :p

    20. Obat herbal untuk diabetes melitus said...

      info yang bagus gan.
      sukses selalu and salam kenal all

    21. obat herbal penyakit ginjal said...

      subhanalloh artikel yang sangat bagus sob.terima kasih banyak sob artikelnya.

    22. obat herbal penyakit jantug said...

      indahnya menjalankan ibadah sholat selain menjalankan perintah alloh swt sholat juga baik untuk kesehatan.

      salam sejahtera kawan.

    23. obat herbal diabetes said...

      mudah mudahan dengan infonya mendapat pahala dario alloh swt. sukses selalu sob.

    24. obat herbal stroke said...

      indahnya kalau setiap hari bisa baca artikel yang kaya gini pasti hati akan merasa tenang.

      salam kenal aja mas.jangan lupa silaturhmi ke rumah saya ya mas.

    25. obat herbal XAMthone said...

      baru kali ini nih gan aku ngebaca artikel yang sangat bagus. aku tunggu artikel selanjutnya gan.

    26. obat herbal darah tinggi said...

      alangkah indahnya bila semua orang tau manfaat sholat dengan kesehatan. lanjutkan sob...!!!

    27. obat herbal kanker payudara said...

      sungguh alloh swt maha mengerti menyuruh orang islam melaksanakan ibadah sholat agar manusia bisa hidup tentram dan sehat jasmani.

    28. jus manggis said...

      semoga artikel ini bisa bermanfaat buat banyak orang dan menjadi nilai ibadah yang baik.

    29. obat herbal kanker prostat said...

      nice gan artikelnya. salam sukses aja.

    30. obat herbal keputihan said...

      thanks kawan sharenya.

    31. Obat Herbal Untuk Kanker Usus said...

      mantap info nya gan
      salam kenal y

    32. cara mengobati maag kronis said...

      ternyata sehat juga...
      mari kita rajin sholat

    33. fahrul said...

      makasih infox...infox sangat bermanfaat kawan...

    34. pengobatan alami luka bakar said...

      mari...... kita sholat...

      hehehe

    35. Obat tradisional penyakit darah tinggi said...

      wah gan hebat artikelnya,
      sangat berguna bagi saya,,

    36. cara mengobati asam urat said...

      pengen sehat ?

      makan nya rajin sholat....

    37. pengobatan alami kelenjar getah bening said...

      mksih ya untuk info nya....

    38. pengobatan herbal kanker payudara said...

      nice deh untuk informasi nya...

    39. joezodiax said...

      izin share

    40. kelenjar getah bening said...

      mari kita rajin sholat,,,,

    41. obat tradisional kelenjar getah bening said...

      sholat tiang nya agama....
      rajin sholat yu... biar terus sehat

    42. obat sesak nafas alami said...

      memang luar biasa ya :D

    43. obat alami infeksi saluran kemih said...

      makasih banyak atas penjelasannya,,
      sangat membantu sekali untuk meningkatkan motivasi

    44. obat sakit gondok said...

      artikelnya sangat bermanfaat.....

    45. Cara Mengobati Penyakit Leukimia said...

      ternyata sholat juga bisa mempengaruhi dengan kesehatan kita...
      baru tau saya.

    46. obat herbal said...

      kalau bleh tau gan,apa hubungnya sholat sama kesehatan,?????????????

    47. airvan42 said...

      di balik perintah allah pasti ada manfaatnya,kita aja umat manusia yang mengingkarinya,padahal manusia di berikan akal dan pikiran untuk mengetahuinya..nice share sob

    48. obat diabetes said...

      Mari kita rajin sholat :D

    49. Obat Herbal Stoke said...

      sholat itu indah kawan

    50. undangan nikah said...

      setiap apa yang disyariatkan Allah memang mempunyai hikmahnya masing-masing.

    51. percetakan said...

      the best of Islam,
      setiap ritual mengandung hikmah yang tak terkira.
      Thanks kawan untuk informasiny...

    52. Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan said...

      faedah sholat ternyata banyak sekali..
      terima kasih mas, saya jadi semakin mengerti..
      nice article..
      sangat bermanfaat :)

    53. Software Akuntansi said...

      tuker link yukk

    54. Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah said...

      kereeeeeenn

    55. roman said...

      info nya sangat menarik jadi makin rajin lah ne kerjakan sholat ,,,,tq info nya sob,,,

    56. obat alami asam urat said...

      nah ini baru info yang bagus nih.pko y top abiss deh

    57. obat herbal demam berdarah said...

      shalat memang banyak hubungan nya dengan kesehatan karena shalat juga sama saja dengan olahraga
      mari kita shalat sebelum di shalatkan

    58. obat herbal penyakit kanker paru paru said...

      shalat lah sebelum kalian di shalatkan ..

    59. obat herbal darah tinggi said...

      bagus nih ifonya....
      ane baru tahu tuch manfaat dari solat untuk kesehatan....

    60. Obat Diare Tradisional said...

      di tunggu yah artikel sejenis yang seperti ini !!

    61. Obat Tradisional Kanker Serviks said...

      MAKASIH GAN UNTUK ILMUNYA !!

    62. manfaat belimbing said...

      mau sehat, ya sholat...

    63. Nexian Android said...

      Artikelnya menarik gan, thanks atas infonya...

      ditunggu kunjungan baliknya

    64. xamthone plus said...

      ok setuju banget tuh dengan judulnya ..emang kayak gitu kan ..

    65. Peluang Usaha said...

      yoii nih mas, saya juga pernah baca beberapa sumber mengenai hal ini..
      nampaknya dengan rajinnya kita sholat akan berdampak positif pada kesehatan kita yah..

    66. obat herbal kanker darah said...

      info bagus gan,, di tnggu postingan trbaru nya...

    67. obat tradisional asam urat said...

      nice info gan..

    68. Dwijayasblog said...

      Menurutku, ini info yang menarik dan patut dicermati.

    69. obat alami batu ginjal said...

      trimakasih infonya teman,,,

    70. obat alami demam berdarah said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu,,,

    71. obat alami hepatitis said...

      konichiwa,,,
      arigato gojaimasu,,,

    72. obat jerawat alami said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    73. obat alami kanker serviks said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    74. obat alami menurunkan kolesterol said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu,,,

    75. obat alami penyakit asma said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    76. obat alami penyakit epilepsi said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    77. obat alami penyakit maag said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu,,,

    78. obat alami penyakit TBC said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    79. obat alami radang sendi said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    80. obat alami tumor lambung said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    81. obat alami tumor ovarium kista said...

      konichiwa,,,
      arigato gozaimasu...

    82. herbal tricajus said...

      artikel yang mantap gan

    83. emeral rug carpet said...

      subhanallah.. semua yang Tuhan ciptakan pasti memiliki dampak yang baik untuk umatnya..

    84. Ace maxs herbal said...

      siip
      like it ;)

    85. obat herbal ace maxs said...

      bnr bngt
      sholat sama dengan melakukan olahraga :)

    86. placenta injection said...

      Very interesting topic, thanks for posting
      placenta injection

    87. Cara Cepat Menurunkan Berat Badan said...

      ternyata selain menambah pahala shalat juga baik untuk kesehatan..
      subhanallah..
      thanks untuk infonya..

    88. hanifah said...

      artikel yang sangatbaguss...

    89. Bisnis Rumah Tangga said...

      sangat,,bermanfaat gan...sukses selalu..

    90. songkok gresik said...

      hmmt udah gak asing lagi kalo' sholat itu luarrrrr biasa untuk kita sendiri. Lanjutkannn !

    91. Alya said...

      Sholat ternyata baik untuk kesehatan, makasih penjelasannya.

    92. Grosir Jilbab Tanah Abang said...

      Luar biasa banyak hikmah yang dapat kita ambil dari ibadah sholat ini, semoga kita termasuk orang yang menjaga dan memelihara sholat dengan istiqomah. Amiin..

    93. PLPG 2012 said...

      Semua infonya benar-benar bermanfaat, dan islami

    94. senapan angin said...

      wah kudu g boleh bolong lgi klo sholat

    95. camping checklist said...

      sholat memang banyak sekali manfaatnya

    96. tita said...

      ulasannya bermanfaat sekali,ditunngu info selanjutnya.

    97. obat wasir herbal said...

      harus rajin shalat shunat nih, biar tambah sehat..,

    98. galerikredit said...

      Bagus sekali artikelnya, mungkin banyak orang yang belum tahu manfaat gerakan sholat sangat membantu kesehatan setelah membaca ini jadi tahu.. thanks

    99. pengobatan alternatif lemah syahwat said...

      berolahraga memang penting, tapi kewajiban kita dalam melaksanakan ibadah harus tetap diutamakan...

    100. Obat Glaukoma Tradisional said...

      Setiap saat dalam hidupmu adalah ibarat gambar yang belum pernah terlihat, dan gambar yang tidak akan pernah terlihat lagi. Jadi, nikmati hidupmu dan jadikan setiap momen menjadi indah.

    101. Agen XAMthone Plus Jakarta pusat said...

      subkhanallah begitu banyaknya faedah sholat bagi kesehatan kita.

    102. Grosir Jilbab Murah said...

      memang banyak hikmah yang bisa kita raih jika melaukan sholat sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasullalh Muhammad SAW..

    103. obat tradisional kanker payudara said...

      bagus banget..
      coalya 22 nya uga penting

    104. obat asma said...

      Sholat ternyata baik untuk kesehatan

    105. obat maag said...

      info nya sangat menarik jadi makin rajin lah ne kerjakan sholat ,,,,tq info nya sob,,

    106. obat kolesterol said...

      Shalat dan Kesehatan yg BerKesinambungan,. ,. Trimakasih Gan,. ,.

      Read more: http://hputih.blogspot.com/2011/07/sholat-dan-kesehatan.html#ixzz1yzt9JArc

    107. obat wasir said...

      baru kali ini nih gan aku ngebaca artikel yang sangat bagus. aku tunggu artikel selanjutnya gan.

    108. obat sakit pinggang said...

      alangkah indahnya bila semua orang tau manfaat sholat dengan kesehatan. lanjutkan sob...!!!

    109. obat kanker said...

      jagalah sholat, maka ia akan menjagamu..

    110. obat vertigo said...

      makasih infox...infox sangat bermanfaat kawan...

    111. obat herbal gagal ginjal said...

      mksih ya untuk info nya....

    112. Berita Sepakbola said...

      Subhanalloh..
      Ternyata kita bisa lihat manfaat sholat selain dari sisi religius ataupun psikologis, tapi juga bisa dari sisi medis.

    113. surya said...

      infonya sangat bermanfaat sekali,selain dapat pahala juga mendapat kesehatan.

    114. obat asam urat said...

      shalat 5 waktu gan

    115. obat jerawat said...

      hayoo pada wudlu

    116. obat diabetes said...

      hayoo pada wudlu

    117. obat keputihan said...

      Salam Kenal Gan Sukses Selalu

    118. obat herbal kanker prostat said...

      terima kasih udah share infonya

    119. Obat Herbal Kangker Prostat said...

      di balik perintah allah pasti ada manfaatnya,kita aja umat manusia yang mengingkarinya,padahal manusia di berikan akal dan pikiran untuk mengetahuinya..nice share sob

    120. Travel Haji Khusus said...

      Sholat ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan,
      dalam setiap gerakan mengandung makna tersendiri,
      thanks dah di share

    121. skripsi informatika said...

      banyak manfaat dibalik ibadah sholat

    122. M.sagha said...

      Trimakasih postingan yang sangat bermanfaat bagi saya.

    123. obat wasir tradisional said...

      makasih infohnya

    124. obat jerawat tradisional alami said...

      sholat menyehatkan...

    125. Obat tradisional asam urat alami said...

      kesehatan sangat baik...

    126. obat tradisional diabetes alami said...

      terima kasih informasinya

    127. obat tradisional keputihan alami said...

      trims blognya

    128. obat tradisional darah tinggi alami said...

      artikelnya bagus

    129. obat ejakulasi dini herbal said...

      selamat malam

    130. obat tradisional asma alami said...

      good night

    131. obat sakit maag tradisional said...

      blognya sangat bermakna

    132. obat tradisional sakit kepala alami said...

      mari bersatu

    133. obat tradisional kolestrol alami said...

      indahnya kebersamaan

    134. obat ambeien wasir tradisional said...

      ku dukung gan

    135. obat herbal sakit pinggang said...

      dengan sholat bisa menjadi lebih sehat

    136. obat tradisional kanker payudara alami said...

      mari sama-sama kita sholat

    137. obat tradisional stroke alami said...

      sholat lah sebelum anda disholatkan

    138. obat herbal amandel said...

      banyak hikmahnya setelah sholat

    139. obat herbal vertigo said...

      mari sholat selama bulan puasa..amal ibadahnya lebih diterima disisi Allah SWT

    140. obat herbal jantung alami said...

      semangat gan

    141. obat tradisional gagal ginjal said...

      selamat malam semuanya

    142. penyembuhan kanker payudara said...

      kedua faktor tersebut sangat penting bagi kehidupan kita .

    143. sewa mobil surabaya said...

      ternyata dengan sholat kita pun bisa terhindar dari penyakit ya

    144. Shafamom said...

      Allah menciptakan agama untuk kebaikan umat, termasuk segala pernik ajaran-Nya...

    145. Tips Diet dan Kecantikan said...

      Info sangat bermanfaat, terima kasih atas informasinya sob dan sukses trus...

    146. sady said...

      sholat kan punya beberapa gerakan buat kesehatan tuh

    147. agen ace maxs ciamis said...

      bukan hanya dapat pahala tapi juga dapat manfaat ksehatan ya ..

    148. cara pemesanan ace maxs said...

      keren banget deh,, makasih infonya dan salam sukses selalu ya,,

    149. cara menjadi member xamthone plus said...

      mantap

    150. danung said...

      thanks for the info

    151. cara mengobati sirosis hati said...

      sangat bermanfaat ternyata gan :D

    152. cara mengobati tumor kista ovarium kista said...

      good juga hehehe

    153. pengobatan infeksi paru-paru said...

      saya suka dengan artikel nya :D

    154. obat penyakit miom said...

      info yang menarik, karena pernah mendengar penjelasan dari ustad abu sangkan lewat media teve juga demikian.


    155. obat penyakit trigliserida said...

      ternyata sholat juga bisa membuat tubuh sehat...

    156. obat penyakit jantung bengkak said...

      artikelnya bagus...
      trus berkarya ya....

    157. obat penyakit jantung bocor said...

      terima kasih untuk informasinya ya gan,,,

    158. obat penyakit flek paru paru said...

      mantap ne gan.

    159. motivator indonesia said...

      thanks for info dan nilai barunya

    160. cara mengobati gagal ginjal said...

      info yang menarik dan sangat bermanfaat

    161. obat sakit kepala said...

      Nice Post....Sholat emang udah seharusnya wajib diKerjakan ..

    162. obat kolesterol said...

      bgs bngt ya

    163. obat wasir said...

      terima kasih informasinya

    164. obat kanker said...

      lanjutkan yaaa artikelnya..

    165. obat herbal kanker payudara said...

      thx artikelnya ya..

    166. cara mengobati ambeien said...

      semoga kita di berikan kesehatan gan ya

    167. obat ginjal said...

      maju bro

    168. obat batu ginjal said...

      hebt bngeet

    169. obat tbc said...

      keren

    170. obat hepatitis said...

      gue suka

    171. obat herbal xamthonemart said...

      terima kasih infonya...

    172. obat asam urat tradisional alami said...

      ternyata sholat juga berguna untuk kesehatan...
      thx......

    173. obat diabetes tradisional alami said...

      mantap

    174. obat keputihan tradisional alami said...

      nice post...
      jadi semakin rajin d sholatnya...

    175. obat darah tinggi tradisional alami said...

      bukan cuma pahala tapi juga bisa dapat manfaat kesehatan
      mantap..

    176. obat penyakit gondok said...

      pakde tunggu posting berikutnya

    177. obat herbal lupus said...

      nice post...jadi semakin rajin d sholatnya...

    178. obat penyakit miom said...

      ternyata selain menambah pahala shalat juga baik untuk kesehatan..
      subhanallah..
      thanks untuk infonya..

    179. obat penyakit trigliserida said...

      info nya sangat menarik jadi makin rajin lah ne kerjakan sholat ,,,,tq info nya sob,,,

    180. obat penyakit jantung bengkak said...

      Artikelnya menarik gan, thanks atas infonya...

      ditunggu kunjungan baliknya

    181. obat penyakit flek paru paru said...

      sholat memang banyak sekali manfaatnya,
      sholat lah sebelum kalian di sholatkan

    182. cara mengobati migren said...

      wah ternyata solat meyehatkan tubuh kita

    183. cara mengobati glaukoma said...

      oh ternyata shalat sangat menyehatkan sekali

    184. cara pemesanan ace maxs said...

      makasih gan infonya ...

    185. obat stroke said...

      selamat pagi gan,..pengen nyimak nie...

    186. obat herbal gagal ginjal said...

      waduh baru tau nie gan..

    187. obat hiv said...

      mantabbb bngt nie gan infonya.

    188. obat kista said...

      harus rajin sembahyang nie karna bnyk manfaatnya,selain dapat pahala,jg menyehatkan.

    189. obat herbal sinusitis said...

      makasih ya buat infonya.

    190. obat asma said...

      makasih atas info nya
      sangat menarik ne..

    191. obat kolesterol said...

      great post....
      Sholat emang udah seharusnya wajib diKerjakan ..

    192. obat ambeien said...

      Sholat yang baik dan benar tentunya akan terasa manfaatnya di jiwa dan hati..
      mantap postnya

    193. obat kanker payudara said...

      terima kasih buat infonya ya...

    194. obat stroke said...

      ditunggu post-post selanjutnya ya....
      semoga sukses terus blognya...

    195. obat alami penyakit jantung koroner said...

      maksih nih infonya ...
      :)

    196. obat ginjal said...

      Nice Post!!!!....Sholat emang udah seharusnya wajib diKerjakan...

    197. obat batu ginjal said...

      salam kenal yaaa....

    198. obat tbc said...

      baru kali ini nih gan aku ngebaca artikel yang sangat bagus,ditgu ya yg artikel selanjutnya..!!

    199. obat herbal kanker kelenjar getah bening said...

      jagalah sholat, maka ia akan menjagamu setiap waktu...!!

    200. obat hepatitis said...

      alangkah indahnya bila semua orang tau manfaat sholat dengan kesehatan. lanjutkan sob...!!!maju terus...



    Bagaimana Menurut Sobat Mengenai Artikel : "Sholat dan Kesehatan" Di Atas?

    Merupakan anugerah tak terkira kepada sobat yang telah memberikan ulasan terhadap tulisan Hitam Putih Kehidupan disini.

    Blog ini menggunakan sistem DOFOLLOW sebagai apresiasi terhadap kunjungan sobat. MOHON MAAF, komentar yang bersentuhan dengan PORNOGRAFI, SARA, SPAM, dan IKLAN, akan kami DELETE...

    Dimohon juga jangan meletakkan link di halaman komentar, karena otomatis akan kami DELETE..